Kementrian Kominfo RI akan mengggelar KIM Festival 2023 Di Kota Surabaya

  • Oct 19, 2023
  • Mochamad Wendy

Kementerian Kominfo RI memilih Kota Surabaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival KIM (Komunitas Informasi Masyarakat) yang dipusatkan di Gedung Balai Pemuda - Alun alun Surabaya pada 27 - 28 Oktober 2023.

Dari Rakor Teknis Penyelenggaraan Kompetisi KIM 2023 yang digelar secara virtual, Selasa (8/8/2023), Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Hasyim Gautama mengatakan Festival KIM 2023 ini digelar sebagai ajang penghargaan bagi KIM yang berprestasi serta memberikan ruang pameran bagi KIM terbaik dari setiap provinsi di Indonesia, yang terdisplay di stand - booth pameran.

"Festival KIM 2023 ini ajang penghargaan dan pameran bagi KIM berprestasi dari setiap provinsi maka siapkan yang terbaik untuk mengikuti event nasional di Kota Surabaya ini," terangnya.

Dipaparkan juga, sampai saat ini jumlah KIM yang terdaftar di website KIM.id tercatat 770, dan Provinsi Jawa Timur menyumbangkan terbanyak 550 KIM. KIM ini merupakan mitra pemerintah yang strategis untuk penyebaran informasi, dari sejarahnya dikenal dengan Kelompok Pendengar Pembaca Pemirsa, hingga Kelompok Informasi Masyarakat terakhir menjadi Komunitas Informasi Masyarakat, perubahan ini ditekankan pada sisi pengelolaan dan pembinaan menjadi model digital.

Sedangkan rangkaian kegiatan Festival KIM 2023 ini diisi dengan Kompetisi KIM, Pameran Kementerian - Lembaga dan Dinas Kominfo Provinsi seluruh Indonesia, Stand Pameran UMKM Lokal Jatim - Surabaya dan hiburan menarik bagi masyarakat.